KM Taliwang Kerja Sama KBRS Peringati Maulid Nabi SAW

KM Taliwang & KBRS menyelenggarakan Lomba
KM Taliwang – Dalam rangka memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Kampung Media (KM) Taliwang bekerja sama dengan Komunitas Belajar Rumah Separuh (KBRS) menyelenggarakan lomba. Diantaranya lomba tersebut adalah;


1. Lomba makan kerupuk
2. Lomba balap Kelereng
3. Lomba Balap Karung
4. Lomba Menghafal Al-Qur’an Surat Pendek
5. Lomba Bacaan Sholat


Begini alur cerita lombanya. Minggu, 26 Januari 2014, saya dan para orang tua yang hadir pagi itu tertawa lepas. Perut kami seakan dikocok-kocok dengan tingkah polah anak-anak Komunitas Belajar Rumah Separuh. Dengan aksi polos dan lucu tak henti-henti dibalit suka dan ceria. Aqila misalnya. Saat lomba balap kelereng ia mesti menurunkan tubuhnya agak sedikit untuk menjaga keseimbangan agar kelerengnya tidak jatuh. Yang membuat kami tertawa karena sikap hati-hatinya. Kok bisa anak seumurnya bisa berpikir seperti itu.


Lain lagi dengan Aldi. Ia sempat menangis. Pasalnya, ia merasa telah diolok para penonton. Ia pun langsung menghentikan lombanya. Tetapi setelah kami bujuk, ia kembali melanjutkan lombanya. Begitu juga dengan Intan. Walapun sempat mogok tidak mau lomba, pada akhirnya ia berhasil menyabet berbagai kategori lomba. Bisa dikatakan ialah juara umumnya.


Itulah anak-anak. Kami tidak mengira bila perlombaan berjalan seru dan menegangkan. Bayangkan, dengan waktu yang pendek kami dapat dikatakan berhasil membuat lomba ini berjalan sesuai dengan harapan. Apalagi dengan kondisi panitia yang diisi remaja belasan tahun. Yang semangatnya ‘anget-anget tai ayam’. KBRS menilai, sudah seharusnya para remaja sejak dini belajar membuat acara/even. Paling tidak dimulai pada level RT yang wilayahnya kecil.


Hal ini wajar, mengingat generasi muda di masa depan sangat dibutuhkan tenanganya dalam membangun bangsa ini jauh lebih baik. Paling tidak untuk membangun daerah tempatnya berdomnisili. Dengan menjadi panitia, mereka belajar meningkatkan kompetensi diri. Bagaimana membuat surat menyurat, berkomunikasi dengan orang tua, mengkoordinir teman dan peserta lomba, dan kemampuan lain yang bisa diraih bila kegiatan ini terus ditingkatkan. Mudah-mudahan di waktu mendatang, banyak even yang bisa dikerjakan. Dengan begitu remaja semakin matang dalam berpikir dan bertindak. Amiin.

0 Response to "KM Taliwang Kerja Sama KBRS Peringati Maulid Nabi SAW"

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef