7 Cara Meningkatkan Kualitas Mental

Langkah-langkah Meningkatkan Kualitas Mental
Selamat pagi sahabat-sahabat. Kembali lagi kita bertemu di blog rumah separuh.com pada pagi yang indah dan sejuk serta kesempatan yang berbahagia ini. Semoga kita selalu sehat wal afiat dan sukses selalu dalam meraih impian. Apa pun impiannya, yakinlah Tuhan pasti akan mengabulkan. Entah kapan akan dikabulkan, tetap berpikiran positif. Sebab Tuhan hanya mengabulkan do’a bila hambanya berpikiran positif kepada-Nya. Wallahu ‘alam. 

Meningkatkan kualitas mental adalah syarat mutlak yang harus dimiliki seseorang untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Jika seseorang memiliki kualitas mental baik maka dengan mudah orang tersebut menerima diri dan keadaan dengan positif. Ada tujuh saran yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah cara dan penjelasannya. 

1. Meningkatkan keimanan dan ketagwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa Untuk meningkatkan kualitas mental adalah dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedekatan ini ditandai dengan upaya kita untuk selalu berbenah diri dalam hal ibadah kepada Tuhan. Sedikit demi sedikit tapi pasti kita harus meningkatkan keyakinan kita pada Tuhan, serta berupaya sekuat hati untuk menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. 

2. Bersihkan diri dari penyakit hati.

Penyakit hati hanya akan menjadikan anda kerdil dan semakin terpuruk di mata Tuhan juga di mata manusia. Penyakit-penyakit yang harus kita bersihkan dari hati kita adalah iri, dengki, hasut, sombong, khianat, dusta dan lain-lain. Hal ini harus kita upayakan benar-benar, karena jika tidak kualitas diri yang akan kita bangun tidak akan pernah terwujud. 

3. Berusaha untuk selalu berpikir positif Pola pikir yang positif akan mengarahkan diri kita pada tindakan yang positif demikian sebaliknya. Dengan siapa kita harus berpikir positif? Tentunya dengan diri sendiri, orang lain dan Tuhan Yang Maha Esa. 

4. Tidak berhenti untuk belajar Belajar harus menjadi kebutuhan utama, karena tidak ada manusia yang sempurna atau manusia paling benar. Belajar itu bisa di rumah, sekolah, masyarakat, forum ilmiah, pengajian, buku, majalah dan lain-lain, bahkan kita bisa belajar juga dari pengalaman diri sendiri dan orang lain. 

5. Berusaha membuat orang lain bahagia Satu hal lagi yang akan membuat kualitas mental kita meningkat adalah dengan cara berusaha membuat orang lain bahagia. Satu contoh sederhana saja, saya yakin teman-teman semua pernah melakukan hal yang membanggakan dalam hidup anda. ketika hal itu anda alami saya yakin anda bahagia, dan ternyata bukan hanya anda ternyata ada pihak lain yang ikut bahagia atas apa yang anda raih, yaitu keluarga kita dan orang-orang yang dekat dengan kita. 

 6. Meningkatkan rasa empati terhadap orang lain Empati adalah mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Dewasa ini rasa empati, sudah mulai terkikis, hal itu terbukti dengan banyaknya orang-orang kaya yang tidak peduli dengan sesama terlebih pada penderitaan yang dialami orang miskin. Untuk itulah penting sekali bagi kita untuk senantiasa meningkatkan rasa empati kepada orang lain. Jika hal ini bisa kita lakukan dengan baik, maka kualitas mental kita akan semakin meningkat. 

7. Jujur terhadap diri sendiri dan orang lain Jujur terhadap diri sendiri dapat kita lakukan dengan mengakui kesalahan dan kelemahan-kelemahan diri, kemudian memperbaikinya adalah sebuah tindakan penting untuk meningkatkan kualitas mental. Karena jujur adalah salah sifat terpuji yang sangat disukai oleh orang lain dan tentunya ini juga di sukai oleh Tuhan Yang Maha Esa.

0 Response to "7 Cara Meningkatkan Kualitas Mental"

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef