Tata Cara Tayamum Yang Tepat Tanpa Resiko

Tayamum Pengganti AIr
Selamat pagi sahabat-sahabat. Kembali lagi kita bertemu di rumah separuh pada pagi yang indah dan sejuk serta kesempatan yang berbahagia ini. Semoga kita selalu sehat wal afiat dan sukses selalu dalam meraih impian. Apa pun impiannya, yakinlah Tuhan pasti akan mengabulkan. Entah kapan akan dikabulkan, tetap berpikiran positif. Sebab Tuhan hanya mengabulkan do’a bila hambanya berpikiran positif kepada-Nya. Wallahu ‘alam.

Melaksanakan ibadah sholat, baik wajib maupun sunah harus memperhatikan tata cara bersuci. Namun tidak sedikit yang tidak mengerti langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh agar pelaksanaan bersuci berjalan sesuai dengan tuntunan agama Islam. Bersuci dapat diartikan sebagai pembersihan diri najis yang terdapat dalam tubuh kita. Baik najis ringan (mukhaffafah), najis sedang (Mutawassitah ‘Ainiyyah) dan najis berat (mughalazah).

Begitu juga dalam melakukan tayamum. Sebelum berlanjut pada tata cara melakukan tayamum, perlu kita ketahui arti tayamum. Tayamum adalah pengganti wudhu atau mandi wajib yang tadinya seharusnya menggunakan air bersih digantikan dengan menggunakan tanah atau debu yang bersih. Adapun tata caranya, tayamum dapat dilakukan dengan;
  1. Niat. Bacalah niat sebelum melakukan tayamum agar bernilai ibadah. Nawaitut tayammuma listibaahatish shalaati fardhan lillaahi ta'aalaa. Artinya : "Aku niat bertayammum untuk mengerjakan sholat, fardhu karena Allah ta'ala."
  2. Muka, Menyapu muka dengan tanah yang bersih dan berdebu dengan sekali tepukan.
  3. Tangan, Menyapu tangan kanan hingga sampai ke siku dengan tanah yang bersih dan berdebu dari tepukan yang kedua kalinya, kemudian tangan kiri.
  4. Tertib, bermakna mengikut urutan atau turutan (dahulukan niat, muka kemudian tangan).

Demikian ulasan yang dapat saya share mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Tata Cara Tayamum Yang Tepat Tanpa Resiko"

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef