4 Dampak Negatif Sinetron "Anak-Anak Manusia"


Dampak Anak-anak Manusia
Selamat pagi sahabat-sahabat. Kembali lagi kita bertemu di blog rumah separuh pada pagi yang indah dan sejuk serta kesempatan yang berbahagia ini. Semoga kita selalu sehat wal afiat dan sukses selalu dalam meraih impian. Apa pun impiannya, yakinlah Tuhan pasti akan mengabulkan. Entah kapan akan dikabulkan, tetap berpikiran positif. Sebab Tuhan hanya mengabulkan do’a bila hambanya berpikiran positif kepada-Nya. Wallahu ‘alam.

Menonton sinetron sitkom (situasi Komedi) "Anak-Anak Manusia" membuat saya tergelitik. Bahkan tertawa lepas melihat adegan seloroh dan nyablak dari para actor dan aktris dalam serial sinetron komedi. Namun ada banyak adegan yang justru dalam pandangan saya mengandung ajaran negative dan berbahaya bagi tumbuh kembang anak-anak kecil ke depan.

Sebut saja Mardani. Mardani dan adiknya Selbi sering kali mengajarkan kepada kita untuk berbohong kepada orang tua. Apa yang dibutuhkan selalu harus berbohong. Yang ditonjolkan dalam karakter ini sangat tidak baik. Ini akan menular kepada penonton. Anak cenderung lebih memilih berbohong ketimbang berusaha dengan kerja keras.

Lalu dua pemuda, maaf saya lupa namanya, mereka adalah dua pemuda pengangguran yang selalu meminta bayaran untuk sebuah pertolongan. Ada istilah biaya kebaikan menurut Mario Teguh. Namun kebaikan disini selalu diembeli materi. Ini mengajarkan kepada kita tanpa uang kita tidak usah berbuat baik.

Ada lagi pemeran yang selalu mengambil keuntungan dalam setiap musibah menimpa. Ini jiwa enterpreuneurshipnya sangat tinggi. Dimana ada musibah pasti ada rezeki yang bisa dikais.

Dari gambaran di atas ada lima dampak social dan karakter yang harus diwaspadai akan menular pada mental dan karakter anak.

1. Berbohong.

Orang tua adalah orang yang paling banyak jasanya bagi segela perubahan yang kita alami sekarang. Sukses, bahagia, kekayaan dan setumpuk harapan kejayaan adalah buah jerih payah orang tua. Tapi kenapa harus membohongi mereka untuk sesuatu baik. Mintalah baik-baik. Tidak mungkin mereka tidak memberi bila caranya dengan baik pula.

2. Malas

Sifat malas memang sifat bawaan manusia. Namun, janganlah terbawa dengan sifat tersebut. Berusahalah untuk menggapainya. Malas sebagian dari kesusahan. Hindarilah.

3. Tidak mau bekerja keras

Mau kaya tapi tidak bekerja keras. Akhirnya sana sini berbohong. Jangan ditiru cara-cara seperti ini.

4. Tidak memiliki rasa empati

Bila ada seseorang tertimpa musibah, silahkan dibantu tanpa meminta imbalan apapun. Berbuat baiklah, niscaya kebaikan tersebut akan kembali kepada kita. Baik berupa materi maupun berupa kesehatan, keselamatan dan sebagainya. Semoga bermanfaat. Silahkan tonton sinetron ini, tapi ambil yang baik-baik. Damping putra putrid anda.

0 Response to "4 Dampak Negatif Sinetron "Anak-Anak Manusia""

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef