3 Alasan Kendaraan Mogok atau Karam di Tanjakan

Kendaraan Mogok saat di Tanjakan
Selamat pagi sahabat-sahabat. Kembali lagi kita bertemu di rumah separuh pada pagi yang indah dan sejuk serta kesempatan yang berbahagia ini. Semoga kita selalu sehat wal afiat dan sukses selalu dalam meraih impian. Apa pun impiannya, yakinlah Tuhan pasti akan mengabulkan. Entah kapan akan dikabulkan, tetap berpikiran positif. Sebab Tuhan hanya mengabulkan do’a bila hambanya berpikiran positif kepada-Nya. Wallahu ‘alam.

Dalam melintasi jalan tanjakan, tidak sedikit kendaraan yang mengalami karam atau dengan kata lain, mogok. Terkadang para pemiliki kendaraan tidak memikirkan hal-hal yang diinginkan selama perjalanan. Seperti mogok, pecah ban, mesin tiba-tiba mati, atau roda oleng misalnya. Kita jarang memikirkan hal itu. Berikut ini empat alas an kenapa kendaraan sering kali mogok atau karam di tanjakan.

Pertama, salah atur gigi. Kesalahan dalam pengaturan gigi bisa berakibat fatal. Sebab pengaturan gigi untuk jalanan menanjak harus benar-benar diperhitungkan dengan benar. Jangan sampai salah dalam mengoper gigi. Hal ini akan merugikan baik bagi si pengendara sendiri atau bagi kendaraan yang ditumpangi. Entah orangnya yang akan lecet atau kendaraannya yang rusak.

Kedua, atur jarak. Meskipun gigi sudah diatur dengan benar, tidak menjadi jaminan kendaraan tidak akan karam. Pengaturan jarak saat meng-gas kendaraan ikut berpengaruh. Cobalah ketika jarak masih cukup jauh dari tanjakan si pengendara sudah siap menurunkan gigi. Bisa gigi satu atau dua. Jangan sampai setelah menaiki tanjakan baru melakukan penggantian gigi. Jangan sekali-sekali dilakukan.

Ketiga, beban kendaraan berlebihan. Tidak sedikit kendaraan karam di saat menaiki jalan menanjak karena beban kendaraan yang berlebihan. Oleh karena itu bagi kendaraan yang ingin menaiki tanjakan, sebaiknya lebih proporsional dalam mengisi berat beban kendaraan. Ditakutkan kendaraan akan terbalik. Tentu saja yang rugi adalah si pengendara sendiri.

Demikian ulasan rumah separuh mengenai kenapa kendaraan kerap mengalami karam atau mogok disaat melalui jalan menanjak. Semoga bisa menjadi inspirasi.

0 Response to "3 Alasan Kendaraan Mogok atau Karam di Tanjakan"

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef