Mau Sehat? Menangislah.

Menangis Itu Sehat
Rumah Separuh - Film-film India selain menampilkan para pemain cantik dan ganteng nan seksi, alur ceritanya pun menarik juga sering menyajikan adegan-adegan miris, melankolis, melo alias sedih. Saking sedihnya, tidak terasa air mata meleleh berjatuhan dari pelupuk mata. Namun tahukah anda bila menangis dapat menyehatkan? William Frey dalam studi tentang air mata, menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis sesungguhnya mengandung racun. Selain itu masih banyak manfaat menangis bagi kesehatan. Pertama, Membantu penglihatan. Cairan air mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

Kedua, dengan menangis dapat membunuh bakteri. Sebab, di dalam air mata terkandung cairan “lisozom”. Cairan ini dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-2 yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-2 yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit. Ketiga, dapat meningkatkan mood. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata. Keempat, untuk mengeluarkan hormon stres. Menangis juga dapat melawan penyakit yang dikarenakan tekanan darah tinggi. Kelima, melegakan perasaan. Setelah menangis biasanya muncul perasaan lega. Pikiran lebih ringan. Sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

Demikian ulasan tentang manfaat menangis bagi kesehatan. Kalau mau menangis, menangislah. Jangan ditahan-tahan. Bila belum menemukan solusi yang tepat atas masalah yang sedang dihadapi, silahkan untuk menangis. Jangan takut dibilang cengeng, toh itu sangat menyehatkan. Kalau tidak bisa menangis, tontonlah film-film India atau film yang bertema tentang kesedihan. Insya Allah anda akan menangis. Karena kita tahu bahwa hidup tidak selamanya penuh kebahagiaan. Kita mesti melewati persoalan dan masalah pelik. Apabila bisa diselesaikan dengan baik, maka akan menjadi nilai tambah bagi kadar keimanan dan kedewasaan kita. So, jangan takut menangis apabila menemui kegagalan.

0 Response to "Mau Sehat? Menangislah."

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef