3 Langkah Menjalin Cinta

Rumah Separuh – Dalam kehidupan masa kini, penodaan terhadap cinta mengalami peningkatan secara signifikan. Dengan mudah perilaku manusia berubah tak terkendali. Tidak mengenal sedarah atau tidak. Tua atau muda. Orang tua atau orang lain. Semua sama saja. Salah satu penyebabnya adalah ketika cinta hilang dalam diri. Bila Cinta dimaknai tanpa ilmu dan pemahaman mumpuni, maka akan berujung fatal. Sebab cinta adalah perasaan untuk saling menyayangi kepada sesama manusia tanpa pamrih. Cinta seorang ibu kepada anak dapat dimaknai cinta sepanjang zaman. Tak lekang oleh waktu. Tak habis dimakan usia. Cinta membuat kita terbang. Cinta bisa membawa kebahagiaan. Cinta tidak hanya berlaku kepada manusia. Tapi Cinta juga berlaku kepada benda dan tumbuhan. Rasulullah SAW juga bersada. “Sayangilah apa yang ada di muka bumi, niscaya Allah dan semesta alam akan menyayangimu. ” (H.R Tirmidzi).

Berbicara cinta pada dasarnya membicarakan tentang kesuksesan hidup. Bagaimana dengan cinta dapat meraih kenikmatan sebanyak mungkin. Dalam islam juga diatur bagaimana caranya agar bisa saling mencintai sesama muslim atau non muslim. “Dan tidak aku ciptakan kalian agar saling kenal mengenal” (Al-Qur’an).

Rasulullah SAW memberikan tips kepada kita agar terjalin saling mencintai dengan sesama muslim, yakni:

1. Tebarkan salam

Dalam pergaulan sehari-hari, Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk menebarkan salam. Sebab ketika saling member dan menjawab salam memiliki kandungan makna luar biasa. Coba kita artikan kata “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh”. Kalimat ini artinya semoga kamu terselamatkan dari segala duka, kesulitan dan nestapa. Sedangkan jawaban dari kalimat salam ini adalah ”Wa’alaikum salam wa rahmatullahi wa barakatuh”. Artinya “Semoga kamu juga terselamatkan dari segala duka, kesulitan dan nestapa.”

2. Menghubungkan tali silaturahim
Jika ada saudara atau mungkin saja kita sendiri pernah bermasalah dengan orang dan tidak pernah bersapaan saat bertemu atau bahkan tidak pernah bertemu lagi setelah perselisihan, sebaiknya segera menemuinya. Jalin kembali silaturahim. Ketika silaturahim sudah terjalin, maka akan menumbuhkan benih-benih cinta persaudaraan.
Memberi makan kepada yang membutuhkan.

3. Memberi makan kepada yang membutuhkan insya Allah akan menghadirkan cinta. Apalagi dalam keadaan lapar, bantuan kita tentu sangat diharapkan. Biasanya orang yang diberi makan akan terucap do’a-do’a. Mereka tidak akan sungkan mendo’akan kita. Sebab, salah satu do’a yang cepat dikabulkan berasal dari orang yang teraniaya. Maksudnya orang yang membutuhkan pertolongan. Wallahu’alam.

0 Response to "3 Langkah Menjalin Cinta "

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef