Sholat Berjamaah Bersama Rasulullah

Sholat Berjamaah Bersama Rasulullah - Sholat berjamaah dalam buku panduan sholat, memiliki pahala lebih besar dibanding dengan sholat sendiri yaitu 27 derajat. Namun sayang, walau pun memiliki pahala besar, sangat jarang umat Islam sholat berjamaah. Ditandai dengan sedikit sekali shaf dalam setiap sholat di masjid. Minimal satu atau dua shaf saja.

Sungguh sangat ironi. Umat Islam terbesar di dunia ini, sholat berjamaah bukan sebuah habit. Padahal banyak sekali fadhilah dan hikmah yang bisa kita rasakan saat sholat berjamaah. Pertama, memakmurkan masjid. Dengan sholat berjamaah di masjid sesungguhnya kita sedang memakmurkan masjid. Mengagungkan rumah ibadah dengan banyak memuji kalimat tayibah dan syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan.

Kedua, menguatkan silaturahmi. Ketika kita sholat berjamaah di masjid, silaturahmi kita dengan sesama muslim semakin terjalin kuat. Keuntungannya banyak sekali ketika hubungan silaturahmi kuat, kekuatan dari luar yang menginginkan kehancuran umat Islam tidak akan terwujud.

Abu Mas'ud r.a., sahabat Nabi saw, menyampaikan sebuah kisah. Suatu ketika, saat hendak shalat berjamaah, Nabi menyentuh setiap bahu kami sambil bersabda: "Luruskan shafmu, jangan bengkok-bengkok. Shaf yang bengkok akan menyebabkan hatimu terpecah-belah." (HR Muslim).

Lebih lanjut Allah swt firman dalam surat Al-Hasyr: 14."Kamu kira mereka itu bersatu, padahal hati mereka bercerai-berai," Dalam berbagai kisah, Rasulullah SAW sangat mengutamakan sholat berjamaah. Saat perang pun beliau tetap melakukan sholat berjamaah. Kebiasaan ini tetap terjaga meskipun Rasulullah SAW telah wafat. Sayangnya, pada saat ini jarang sholat berjamaah di masjid. Dalihnya, tidak sempat berjamaah, ingin membina keluarga di rumah.
Padahal dengan sholat berjamaah sesungguhnya kita sedang sholat berjamaah bersama Rasulullah.

0 Response to "Sholat Berjamaah Bersama Rasulullah"

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef