Membangun Silaturahim

Membangun Persaudaraan Dengan Silaturahim
Rumah Separuh – Kunjungan sahabat Jul, Tur dan ijah ke rumah separuh membawa berkah tersendiri buat saya. Hari minggu (14/5) saat kami pergi ke Maluk, tempat kediaman sahabat Cus, kami menyempatkan diri bersilaturahim dengan senior LPM Ro’yuna IAIN Mataram. Senior yang kami maksud adalah Faturrahman Tulus. Kami lebih akrab memanggil beliau dengan sebutan Bang Patung. Beliau bekerja di KUA Sumbawa. Bang Patung pula yang merekomendasikan sahabat Cus bekerja di Comdevcenter-lp3sb.

Silaturahim merupakan kegiatan kunjung mengunjungi antar sesama manusia. Di dalam Islam menyambung silaturahim memiliki peran penting dalam menjaga persaudaraan. Bahkan jika orang tua telah meninggal, kita sebagai anak dianjurkan bersilaturahim dengan sahabat orang tua. Silaturahim juga dapat mendatangkan rezeki, dan memanjangkan umur. Memanjangkan umur di sini maksudnya adalah ketika kita sering bersilaturahim, maka orang dapat dengan mudah mengingat kita saat sudah tak bernyawa.

Silaturahim bertujuan saling mengingatkan dalam kebenaran, saling menguatkan iman, saling meneguhkan dalam satu ikatan ukuwah islamiyah. Watawashshobilhaq watawashshobishobri. Saking pentingnya silaturahim, Rasulullah SAW berpesan kepada umat Islam untuk menjaga silaturahim. Dalam sabda Rasul saw: “Tahukah kalian tentang sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan ataupun keburukan? ‘Sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan,’ sabda Rasulullah SAW, ‘adalah balasan (pahala) orang yang berbuat kebaikan dan menghubungkan tali silaturahim, sedangkan yang paling cepat mendatangkan keburukan ialah balasan (siksaaan) bagi orang yang berbuat jahat dan yang memutuskan tali persaudaraan” (HR Ibnu Majah).

Rasulullah SAW memberikan tips kepada kita agar terjalin saling mencintai dengan sesama muslim, yakni:
  1. Tebarkan salam
  2. Menghubungkan tali silaturahim
  3. Memberi makan kepada yang membutuhkan.

Sudah sepantasnya kita untuk terus membangun silaturahim. Tidak harus dengan senior tapi juga antar sesama. Insya Allah akan mendapat hal-hal positif dari silarutahim. Dan itu yang saya rasakan ketika meninggalkan rumah bang Patung, senang sekali hati saya.

0 Response to "Membangun Silaturahim "

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef