Hidup Ini Tidak Keras Bung!

kerja keras dongHidup Ini Tidak Keras Bung! - “Kehidupan ini keras, Bung”. Slogan benar adanya. Ada yang terbuang ada pula yang menang. Yang terbuang karena memang tak mampu bersaing. Mudah menyerah, mudah mengalah, dan mudah menurunkan semangat. Akibatnya, ya itu tadi mudah terbuang. Terbuang dari persaingan. Terbuang dari nikmatnya bersaing, indahnya jatuh bangun, indahnya air mata yang menetes acap kali menerima benturan-benturan dari lawan saing. Tak jarang kita banyak menyalahkan Allah SWT atas keterpurukan yang dialami. Allah SWT-lah penyebab kegagalan. Allah SWT biang kerok atas sejumlah kegagalan yang menimpanya.

Padahal Allah SWT telah menggariskan dalam salah satu firman-Nya, bahwa Allah itu tergantung prasangka hamba-Nya. Bila berprasangka baik maka Allah akan baik. Begitu pula sebaliknya. Jelas sekali, sesungguhnya harus diperbaiki dahulu sikap kita kepada Allah SWT. Termasuk bagaimana kita dalam menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Barang kali ada cara atau jalan yang salah kita tempuh. Atau ada makanan yang tidak seharusnya kita makan. Atau ada sikap kita kepada para pemegang kebijakan salah dan tidak tepat. Kemungkinan-kemungkinan ini, bisa saja tidak disadari. Bisa jadi demikian.

Maka, slogan kehidupan menjadi keras, hanyalah alasan yang dibuat-buat. Apabila kita berjalan di track/jalan yang benar, insya Allah hidup tidak menjadi keras. Persaingan jelas dibutuhkan untuk menguji kemampuan kita. Kerja keras jelas harus dilakukan agar seminimal mungkin bisa mengeliminasi langkah-langkah kecil kegagalan.

Apa lagi ketika beban berat, kegagalan, keterpurukan, kesulitan menghujam kita. Ibnu Taimiyah mengajarkan agar berserah diri kepada Allah SWT. Dengan menyebut Laa haula walaa quwwata illa billah, tiada daya dan upaya kecuali hanya Allah. Jadi, kembalikan semua permasalahan kita kepada Allah SWT.

Perlu diingat, apa pun yang menimpa kita, baik atau buruk, merupakan bumbu-bumbu hidup yang mau tidak mau harus diterima. Selama masih punya Allah SWT, jangan khawatir musibah atau cobaan yang kita terima akan berganti dengan kebaikan – kebaikan yang tidak kita sangka dari mana arahnya. Hidup Ini Tidak Keras Bung! Memang benar adanya.

0 Response to "Hidup Ini Tidak Keras Bung! "

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef