Pilih No. 1, 2 atau 3

Pilih No. 1, 2 atau 3 - Saya terkagum-kagum melihat bangunan pencakar langit yang berdiri tegak, menjulang tinggi ke angkasa. Hampir saja menyentuh langit sebenarnya. Indahnya.

Tembok Cina di Cina, Menara Pizza di Italia, Benteng-benteng peninggalan penjajah seperti Jepang dan Belanda masih berdiri kokoh, meski agak lapuk. Jalan-jalan layang seperti terbang menyangga manusia mengendarai alat transportasi semakin mempermudah aktivitas perputaran roda ekonomi. Gagah dan tegar memancang eksotisme metropolitan. Menara kembar Petronas di Malaysia pun tidak lepas dari keindahan maha karya Sang Kuasa. Manusia, hanya sebagai perantara/jembatan. Sedang Tuhan adalah yang empunya keindahan. Banyak bangunan-bangunan yang mensiratkan kekuasan, keagungan dan tidak sedikit yang masuk ke dalam keajaiban dunia. Candi Borobudur di Indonesia dan Piramid Mesir salah duanya.

Tapi tidak sedikit bangunan mewah nan megah yang manggambarkan kemiskinan nalar dan logika. Sejatinya sebuah bangunan berdiri dengan niat tulus. Untuk kemaslahatan orang banyak. Dan bisa bertahan bertahun dan atau bahkan ratusan tahun. Itu karena bahan bangunan yang dipilih adalah bahan nomer satu. Yang kualitasnya bagus dan dapat dipertanggungjawabkan. Baik kepada rakyat maupun Tuhan.

Masalahnya, isi otak kita tidak sama. Boleh jadi si A berpikiran lurus tapi si B dan C bisa jadi sebaliknya. Atau bisa saja semua punya kepentingan, dapat untung sebanyak-banyaknya. Akibatnya, sekarang banyak bangunan yang baru dibangun tapi sudah ada retak-retak. Atapnya bocor bahkan roboh.Kapan ada bangunan yang menjadi keajaiban dunia ada di negara kita lagi? Aduh, mau jadi apa bangsa kita kalau melulu Cuma duit aja dipikirannya??

0 Response to "Pilih No. 1, 2 atau 3"

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef