Ikan pun Berdo'a Untuk Kita

Ikan pun Berdo'a Untuk Kita - Saat memulai pertemuan dengan mutiara-mutiara rumah separuh, saya mengajak mereka untuk merenungi keutamaan menuntut ilmu bagi umat Islam.

“Dengan ilmu kita bisa pandai, kaya, juara satu, mendapat beasiswa dan insya Allah masuk surge tatkala ajal menjemput suatu saat nanti. Wallahu ‘alam, kapan waktu itu akan tiba. Dengan ilmu kita bisa mengetahui apa saja. Dengan ilmu kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan ilmu kita bisa menerbangkan peseta terbang. Seperti presiden ketiga kita, BJ Habibie. Berkat kecerdasannya, kita bisa memiliki peseta terbang, Gatot Kaca.

Bila kita bepergian menuntut ilmu, sesungguhnya, batu-batu, tanah, rerumputan, dan para malaikat akan mendoakan kita agar selamat diperjalanan dan paham terhadap ilmu yang sedang dipelajari.

Tahukah kalian kalau ikan yang berada di lauta ikut pula mendo’akan kita?” Mutiara rumah separuh geleng-geleng kepala. Menandakan ketidaktahuannya.

“Dalam sebuah hadis dikatakan …” lanjut saya.

“Rasulullah SAW bersabda, orang yang berilmu akan dimohonkan ampunan oleh siapa saja yang berada dilangit dan yang ada di bumi, sampai-sampai ikan yang berada di lautan sekalipun.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi).

Maka dari itu, kita jangan malas dalam belajar. Baik menuntut ilmu di sekolah mapun di pengajian. Atau di manapun kita berada. Keutamaan menuntut ilmu bagi kita adalah wajib.

3 Responses to "Ikan pun Berdo'a Untuk Kita"

  1. ente terlihat makin religius aj..

    ReplyDelete
  2. ma kasih. mudah2n bs maemunah eh istiqomah

    ReplyDelete
  3. maklum dia kan jadi guru ngaji karang di rumah separuhnya

    ReplyDelete

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef