Biaya Jadi PNS

Biaya Jadi PNS
Biaya Jadi PNS - “Wah selamat Kawan. Ente lulus jadi Pegawai Negeri Sipil” seru seorang teman yang sedang duduk bersama seorang Satpam Kampus dekat pintu gerbang sebelah Barat IAIN Mataram.

“Oh ya Ente masih Ingat dengan Maman (nama samaran)?” tanyanya mengejar.

“Ya saya ingat. Kenapa dengan Maman?” saya pun balik bertanya setelah terlebih dahulu menjawab pertanyaannya.

“Dia juga lulus Pegawai Negeri Sipil. Padahal kita tahu bagaimana Maman itu. Bicaranya saja tidak lancar alias gagap. Kapabilitasnya juga patut dipertanyakan,” lanjutnya.

“Syukurlah kalau begitu, saya ikut senang. Tapi kalau soal kapabilitas siapa pun orangnya suatu saat akan berubah. Saya pikir itu bisa saja dirubah.”

“Tapi bukan hanya itu saja masalahnya ...”

“Loh kok jadi masalah?”

“Masalahnya, Maman mengeluarkan kocek Rp 100 jt. Tapi wajar kalau Maman mampu membayar. Orang tuanya orang terpandang. Tentu tidak sulit mendapatkan uang sejumlah itu. Tapi kok terang-terangan sekali modus-modus seperti ini. Lucunya, Maman sempat bilang ia kesulitan mengikuti lifestyle koleganya yang mengendarai mobil-mobil mewah. Sementara Maman hanya punya sepeda motor” pungkasnya.

Mendengar cerita teman, buat saya hal ini bukan berita baru. Praktik seperti ini ada tapi tidak nyata. Meski ada juga yang terang-terangan. Saya sendiri pernah ditawari oleh seseorang yang mengaku dosen. Ia menyarankan agar menyediakan uang Rp 70 juta kalau mau jadi Pegawai Negeri Sipil. Tentu saja saya tolak mentah-mentah.

0 Response to "Biaya Jadi PNS"

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar anda di bawah ini

wdcfawqafwef